Desain Taman

On September 29, 2013 by Bahroni

Desain Taman

Desain Taman Alam

Akhir-akhir ini Taman merupakan pelengkap dominan dari Centre Of Interest ( pusat perhatian ) suatu rumah. Posisi Taman yang kebanyakan pada eksterior bangunan merupakan sisi hijau dalam suatu bangunan. Fungsi Taman sendiri sebagai area hijau / Green Zone bangunan dan area untuk sirkulasi udara dalam area tersebut. Dalam ber eksplorasi pada Desain Taman banyak yang dapat kita ambil, dimulai dari jenis material yang kita gunakan, variasi tanaman, juga yang tak kalah pentingnya penempatan layout kolam didalamnya.

Dalam membangun taman atau merancang desain taman tidak selalu membutuhkan area yang cukup luas. Pada area lahan yang sempit dan sedang taman sangat memungkinkan untuk ditempatkan. Sisi keindahan Taman tidak selalu terdapat dalam luasnya, akan tetapi keharmonisan bentuk serta keserasian bentuk, penempatan bahan material yang baik, dan unsur elemen yang lain. Dan juga terpenting adalah mebel taman yang tersedia sebagai sarana tempat duduk dan makan bersama

Fungsi Taman

Berikut ini merupakan fungsi taman secara umum.

  • Sebagai area terbuka hijau
  • Sebagai area untuk resapan air
  • Sebagai lahan untuk perputaran / sirkulasi udara dengan oksigen yang dihasilkan dari tanaman yang di tanam di taman.
  • Sebagai area untuk membendung dan melindungi rumah terhadap debu jalanan.
  • Sebagai elemen penting dalam Keindahan rumah atau bangunan.

Tips Mendesain Taman

Dalam merancang atau men desain taman ada beberapa unsur yang bisa kita masukkan atau manfaatkan dalam sebuah taman, Baik dari segi material dan ornamen ornamen kecil lainnya.

Berikut ini kami berikan tips untuk mempermudah anda dalam mendesain / merancang taman dalam bangunan anda.

  • Pilihlah unsur material yang serasi dengan konsep hunian rumah atau bangunan
  • Pilihlah jenis tanaman yang mempunyai keindahan bentuknya dan juga mempunyai fungsi tersendiri.
  • Lay out atau penempatan vegetasi yang teratur
  • Perencanaan yang matang dalam hal segi penempatan sampai material yang akan di aplikasikan pada taman.
  • Memilih tumbuhan dan material yang mudah dan cukup murah dalam perwatannya.

Contoh beberapa desain taman dibawah ini diharapkan menjadi sumber in spirasi anda dalam berkreasi untuk mengolah lahan anda menjadi taman yang bisa anda kembangkan

1. Desain Taman Dengan Centre Of Interest Pohon.

Desain Taman Minimalis

Bentuk desain taman ini menempatkan pohon sebagai point of interestnya. banyak Beberapa sample tanaman yang kita manfaatkan, sebagai contoh pohon Bambusa. Pohon Bambusa meberi kesan sejuk pada taman meskipun dari segi daun tidak terlalu rindang. Beberapa contoh lagi seperti pohon kamboja, pohon kamboja ini biasa kita jumpai pada taman-taman dalam rumah yang minimalis serta antik.

desain taman alami

Taman dengan model ini cocok dengan berbagai bentuk tipe rumah / bangunan, fungsi utama taman ini memberikan area hijau bagi rumah juga berfungsi sebagai sirkulasi perputaran udara di area rumah. Anda juga bisa berkreasi dengan menambahkan unsur material berupa kerikil putih dengan dasar berbentuk persegi untuk mendapatkan kesan taman tidak monoton.

2. Desain Taman Dengan Centre Of Interest Kolam Hias

desain taman kolam air minimalis

Pada gambar diatas terdapat kolam ikan atau kolam hias dengan menggunakan dua tingkatan, kombinasi Dinding kolam ikan dengan kolam ikan menambah keindahan taman anda. Dinding Kolam menggunakan batu alam atau batu alur, Efek yang ditimbulkan dari batu alur ini sangat menarik saatg dilihat, suara gemercik yang dihasilkan membuat suasana lebih nyaman.

Permainan Batu alur sebagai pola lantai dengan penempatan pohon dibuat sedemikian rupa dengan semua tertuju ke arah kolam ikan ini. Desain lantai dengan menggunakan nat ditambah dengan rumput seolah olah menambah suasana segar. Pohon besar juga bisa anda tempatkan disamping taman untuk sirkulasi udara ruang disekitar taman.

3. Desain Taman Dengan Centre Of Interest Rumput

Desain Taman Alami

Bentuk taman pada gambar dibawah ini cukup sederhana, Terdapat perbedaan ketinggian area pada pojok taman dengan penambahan urugan tanah yang keseluruhan lahan ditumbuhi rumput. Area pojok di taman dengan ketinggian yang lebih tinggi dibandingkan dengan bagian yang lain sebagai Point Of Interest pada taman ini.

desain taman rumput

Dengan desain seperti ini, penambahan batu pijakan sangat penting sebagai akses yang menghubungkan taman ini. Selain sebagai penghubung batu pijakn bernuansa alam menambah daya tarik tampilan rumput. Akses ini tertuju pada rumah anda dengan bangunan Gazebo atau bale bale di tengah area taman.

Untuk Gazebo kami  Jual Gazebo Minimalis Harga Murah. Gazebo bisa menggunakan bahan kayu jati maupun kayu Glugu atau kayu kelapa.

Atap gazebo kami bisa anda modifikasi dengan bahan kayu, atap dari daun kelapa ataupun dengan Genteng.

Hubungi kami untuk memperoleh berbagai macam jenis gazebo dan harga murah

Jepara Art Furnicraft

CP : Bahroni

No HP : 082323303666

SUBSCRIBE BB CHANNEL : C002B6474

Atau Kunjungi Website Toko Online kami di

WWW.JEPARAHANDICRAFT.NET

Desain Taman

Comments are closed.