Macam-Macam Jenis Bahan Finishing

On November 5, 2013 by Bahroni

bahan finishing

Finishing merupakan proses pelapisan kayu dari furniture mentah menjadi furniture pakai. Bahan finishing sendiri sangat beragam tergantung fungsi dan aplikasi pengerjaannya.

Finishing inilah yang menentukan 50% hasil dari produksi furniture. Untuk episode ini, Kami Jepara Art Furnicraft memberikan wacana tentang bahan yang sering kami gunakan untuk memproduksi furniture yang menjadi bahan dasar Anda memilih jenis finishing untuk furniture Anda.

  1. Serlak/Polyture : Pasti anda sudah mengenal yang namanya serlak yang di pakai untuk bahan finishing. Karena serlak sejak dulu sampai sekarang emang sering di gunakan. Di pasar banyak orang yang menjualnya, tapi serlak bermacam-macam jenisnya seperti: Serlak bubuk, bentuk serpihan dan ada juga yang batangan. Serlak saat di gunakan selalu memkai bahan pelarut yang pasti ada kandungan alkhohol, tapi yang sering di gunakan adalah spirtus.
  2. Mowilex :  Salah satu jenis bahan finishing yang di gunakan dengan cara sistem water base, Kenapa? Karena mowilex tidak menggunakan cairan kimia untuk di larutkan, karena mowilex hanya cukup menggunakan air bersih untuk melarutkannya.
  3. Duco : Cara penggunaannya pas buat jenis produk furniture yang pastinya tidak perlu butuh tampilan pada serat hasil finishing, contohnya seperti produk furniture dari triplek atau multiplek juga untuk finishing kayu mahoni. Memakai bahan jenis duco bisa menutup semua permukaanya kayu.
  4. Melamine : adalah bahan produk finishing yang moderen (generasi baru). Meggunakan finishing bahan melamine jauh lebih terlihat elegan (mewah), kayu pada furniture begitu halus, di bandingkan bahan-bahan finishing yang lain.
  5. NitroCeluloose : Bahan ini sangat tipis dan tidak menggunakan bahan pengering yang berbahaya. Jenis finishing ini menjadi standarisasi Internasional yang menginginkan Bahan finishing Food Grade. Tampilan yang halus serta tipis menjadi stu ciri dari finishing NC ( Nitro Celuloose )
  6. PolyUrethane : Sering dikenal dengan sebutan PU, Bahan ini menjadi salah satu bahan finishing yang mahal, mahal karena Anti Gores, Tahan Panas dan daya rekat yang sangat kuat terhadap permukaan kayu. Bahan ini sering digunakan sebagai dasar atau pelapis atas meja makan.

Selain dari bahan bahan diatas, masih banyak bahan finishing yang Kami sebutkan, seperti kombinasi emas pada furniture classic, perpaduan warna dan sparasi warna ( Polychrome ). Kami akan ulas pada postingan Jepara Art Furnicraft berikutnya

Selain macam-macam bahan finishing, kami juga menjual produk-produk furniture minimalis maupun non minimalis, seperti: Meja makan minimalis dan kursi makan minimalis

Cari Furniture Terbaru : bahan finising, bahan bahan finishing kayu, bahan2 ug harus dipakai dlm milamin kayu pkai cat mowilek, bmacam bahan finishing, jenis finishing klasik, macam macam melamine, macam meja menurut bahan

Comments are closed.